PEMILU DEMOKRATIS

Dalam konstitusi UUD NKRI 1945, disebutkan bahwaNegara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik, dimanakedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar. Makna dari "kedaulatan berada di tangan rakyat yaitu bahwa rakyat memiliki kedaulatan,tanggung jawab, hak dan kewajiban untuk secara demokratis

Demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintahan yang menekankan bahwa kedaulatan negara berada di tangan rakyat, sehingga dengan demikian, rakyat yang menjadi sumber otoritas dan sekaligus penentu utama dalam menjalankan kekuasaan di sebuah negara. Demokrasi memiliki 4 nilai dasar yaitu; 

  1. kebebasan individu
  2. persamaan politik
  3. kesetaraan, dan 
  4. kedaulatan rakyat.

Dalam konstitusi UUD NKRI 1945, disebutkan bahwaNegara Indonesia ialah Negara Kesatuan, yang berbentuk Republik, dimanakedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar. Makna dari "kedaulatan berada di tangan rakyat yaitu bahwa rakyat memiliki kedaulatan,tanggung jawab, hak dan kewajiban untuk secara demokratis memilih pemimpin yang akan membentuk pemerintahan guna mengurus dan melayani seluruh lapisan masyarakat, serta memilih wakil rakyat untuk mengawasi jalannya pemerintahan.

Pemilu dipahami sebagai salah satu perangkat penting demokrasi. Tidak ada satupun negara demokrasi yang tidak menggunakan pemilu sebagai sarana demokratisasi. Namun sebaliknya, tidak sedikit negara non-demokratis yang menggunakan pemilu dengan maksud memobilisasi sumber daya guna melanggengkan keberlangsungan rezim non demokratis.

Pemilu merupakan mekanisme terpenting untuk memfasilitasi kompetisi politik dan menghasilkan pemerintahan yang memiliki legitimasi. Pemilu adalah instrumen politik paling spesifik yang dapat dibentuk. Pemilu dapat direncanakan sedemikian rupa untuk mencapai tujuan tertentu, sehingga dapat memberikan ganjaran bagi tipe tindakan-tindakan tertentu dan mengekang tindakan-tindakan lainnya.



Bagi yang membutuhkan silahkan download, semoga bermanfaat..!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LOGO STIT-PL GUNUNG TUA